Roof garden

Roof Garden Sebagai Barometer Kemodernan

Contoh gambar roof garden

Roof Garden

Di luar negeri, sudah berkembang desain roof garden yang bermacam-macam, dan menjadi tren bagi gedung-gedung tinggi. Gedung-gedung yang atapnya berselimut rumput seakan menjadi tanda kemoderenan suatu desain urban.

Berkembangnya fungsi roof garden tentu tidak hanya pemanis belaka, yang terpenting adalah sebagai taman aktif yang mewadahi kegiatan Anda sekeluarga. Apakah hanya untuk bercengkrama, bermain, ataupun entertainment seperti jamuan, barbeque dan pesta. Bentuknya pun beragam dapat seluruhnya tertutup tanaman ataupun hanya setempat-setempat saja. Yang terpenting, roof garden anda harus teduh agar dapat digunakan kapan saja.

Langkah mendesain roof garden:
Pastikan dak kuat menahan beban tanah/media tanam, tanaman, elemen taman (bangku, lampu, gazebo, pergola) dan utilitasnya (pipa drainase, instalasi lampu & air) serta manusia yang beraktivitas di atasnya. Anda dapat mengurangi beban struktur dengan menggunakan media tanam yang lebih ringan seperti campuran gel, sabut kelapa, batang pakis, rumput laut, dan arang. Taburkan mulsa di atasnya untuk mengurangi penguapan. Tempatkan tanaman yang berat, seperti pohon/ semak besar tepat di atas kolom. Gunakan pohon dari bibit vegetative (stek, cangkok) agar berakar serabut.
Rencanakan taman anda. Sebaiknya roof garden ditutupi keteduhan agar dapat selalu digunakan dan berfungsi mengurangi panas ruangan di bawahnya. Selain pohon, Anda dapat menggunakan pergola, gazebo dan kanopi.
Untuk mengurangi panas, sebaiknya tutup permukaan dak dengan bahan yang dapat menyerap panas seperti rumput atau rubber tile (karet). Permukaan air berupa kolam atau taman air juga dapat menjadi pilihan.
Ketebalan media tanam bervariasi dari 20 cm (rumput & border), semak 30-50 cm sampai dengan 80 cm (semak/pohon bibit vegetative). Untuk mengurangi beban struktur buat planter-planter setempat atau urugan kontur untuk tanaman yang membutuhkan media tanam yang tebal.
Pertama dak diberi perlakuan waterproofing. Beri dasar batu apung/batu karang kemudian di atasnya beri lapisan geotextile. Urug dengan media tanam yang sudah disediakan sesuai kebutuhan dan siap menanam. Setelah tanam beri mulsa sekam padi/kulit kayu.

Rumah kaca

Sebuah rumah hijau di Saint Paul, Minnesota.

Rumah kaca (atau rumah hijau) adalah sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik; Dia menjadi panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini.

Kaca yang digunakan untuk rumah kerja bekerja sebagai medium transmisi yang dapat memilih frekuensi spektral yang berbeda-beda, dan efeknya adalah untuk menangkap energi di dalam rumah kaca, yang memanaskan tumbuhan dan tanah di dalamnya yang juga memanaskan udara dekat tanah dan udara ini dicegah naik ke atas dan mengalir keluar. Oleh karena itu rumah kaca bekerja dengan menangkap radiasi elektromagnetik dan mencegah konveksi. Lihat rumah kaca surya (teknikal) untuk diskusi teknikal bagaimana rumah kaca surya bekerja.

Rumah kaca sering kali digunakan untuk mengembangkan bunga, buah dan tanaman tembakau. Lebah bumble adalah polinator pilihan untuk banyak polinasi rumah kaca, meskipun tipe lebah lain juga digunakan, dan juga polinasi buatan.

Mowing young tobacco in greenhouse of half million plants (Hemingway, South Carolina)

Selain tembakau, banyak sayuran dan bunga juga dikembangkan di rumah kaca pada akhir musim dingin atau awal musim semi, yang kemudian dipindahkan ke luar begitu cuaca menjadi hangat.

Ruangan yang tertutup dari rumah kaca mempunyai kebutuhan yang unik, dibandingkan dengan produksi luar ruangan. Hama dan penyakit, dan panas tinggi dan kelembaban, harus dikontrol, dan irigasi dibutuhkan untuk menyediakan air.

Rumah kaca menjadi penting dalam penyediaan makanan di negara garis lintang tinggi. Kompleks rumah kaca terbesar di dunia terletak di Leamington, Ontario (dekat tempat paling selatan Kanada) di mana sekitar 200 “acre” (0.8 km²) tomat dikembangkan dalam gelas.

Rumah kaca melindungi tanaman dari panas dan dingin yang berlebihan, melindungi tanaman dari badai debu dan “blizzard”, dan menolong mencegah hama. Pengontrolan cahaya dan suhu dapat mengubah tanah tak subur menjadi subur. Rumah kaca dapat memberikan negara kelaparan persediaan bahan makanan, di mana tanaman tak dapat tumbuh karena keganasan lingkungan. Hidroponik dapat digunakan dalam rumah kaca untuk menggunakan ruang secara efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: